[SALAH] Israel Dicoret Piala Dunia U-20, Terciduk Sogok FIFA.

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak ada penjelasan yang emngatakan bahwa Indonesia lolos pildun U-20

===========

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube

https://archive.cob.web.id/archive/1683384500.605808/singlefile.html

===========

[NARASI]: “ISRAEL TERCIDUK NYOGOK FIFA!! INDONESIA DIBANTU ARGENTINA LOLOS PILDUN – ISEAEL DICORET”

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah unggahan dengan klaim bahwa Israel terciduk menyogok FIFA dan klaim dilanjutkan dengan pernyataan bahwa Argentina membantu Indonesia lolos Piala Dunia U-2. Klaim tersebut dibagikan melalui akun Youtube bernama Kreator Bola pada 5 Mei 2023 lalu. Unggahan tersebut berdurasi 3 menit dan telah mendapatkan views lebih dari 3 ribu hingga saat artikel ini dibuat.

Dalam foto thumbnail tampak foto Presiden Argentina, Mauricio Macri yang menjabat pada tahun 2015-2019 itu sedang menyerahkan jersey timnas Argentina kepada Presiden Jokowi dan ditambah dengan kalimat pada gambar bahwa, “Presiden Argentina datang ke Indonesia demi loloskan Indonesia”, seolah kejadian tersebut masih ada hubungannya dengan perihal Piala Dunia U-20. Padahal foto tersebut diambil pada 2019 ketika Presiden Argentina tersebut berkunjung ke Indonesia.

Lalu di sepanjang video ini pun sang narator hanya mengulas mengenai pemberitaan yang beredar mengenai keputusan FIFA untuk menetapkan Argentina sebagai tuan rumah menggantikan Indonesia.

Unggahan tersebut memberikan informasi yang tidak benar karena hingga akhir video tidak ditemui adanya penjelasan yang mengatakan bahwa Israel benar telah menyogok FIFA dan Argentina membantu Indonesia untuk mengikuti Piala Dunia U-20 kembali.

===========

 [REFERENSI] :

https://ekonomi.bisnis.com/read/20190626/9/937889/presiden-argentina-mauricio-macri-berkunjung-ke-istana-bogor