[SALAH] Video “Demi Fokus Menangkan Anies !! Sandi Nyat4kan Mundvr Dari Kabinet DIDEPAN MEDIA”

BUKAN demi fokus memenangkan Anies Baswedan. Cuplikan video pidato Sandiaga Uno itu adalah ketika Sandiaga secara resmi menyatakan mundur sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2018 karena dicalonkan sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto sebagai capres dalam Pilpres 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Care (fb.com/102020895826721) pada 2 Mei 2023 mengunggah sebuah yang salah satu cuplikannya menampilkan pidato Sandiaga Uno yang menyatakan dirinya mundur dengan narasi:

‘Demi Fokus Menangkan Anies !! Sandi Nyat4kan Mundvr Dari Kabinet DIDEPAN MEDIA”

Sumber: bit.ly/3LmIh2k (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya cuplikan video menampilkan pidato Sandiaga Uno yang menyatakan dirinya mundur yang diklaim karena demi fokus memenangkan Anies Baswedan merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, bukan demi fokus memenangkan Anies Baswedan. Cuplikan video pidato Sandiaga Uno itu adalah ketika Sandiaga secara resmi menyatakan mundur sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2018 karena dicalonkan sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto sebagai capres dalam Pilpres 2019.

Dilansir dari Detikcom, berikut transkrip pidato Sandiaga di video tersebut:

“Mempertimbangkan betapa besar tugas seorang Wakil Gubernur, betapa berat kerja di Jakarta dan menghindari risiko Politisasi jabatan, menjauhkan dari mudarat pejabat yang mengintervensi dan menyalahgunakan birokrasi, anggaran, dan fasilitas, maka saya memilih ikhlas berkorban untuk tidak mengambil cuti, dan mendahulukan kepentingan warga Jakarta juga aspirasi rakyat Indonesia di atas kepentingan diri ataupun golongan,” kata Sandiaga saat pidato di sidang paripurna di gedung DPRD DKI, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (27/8/2018).

“Dalam kaitan ini, pilihan saya mengambil sikap menyatakan berhenti secara resmi sebagai Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta masa bakti 2017-2022 didasari atas komitmen dan tanggung jawab memberikan ruang dan kepastian kepada Wakil Gubernur yang nanti akan menggantikan saya agar dapat bekerja maksimal bersama Bapak Gubernur,” papar Sandiaga.

Surat pernyataan mundur disampaikan Sandiaga ke Gubernur DKI Anies Baswedan pada 10 Agustus 2018. Surat tersebut kemudian diserahkan ke DPRD DKI pada hari yang sama. Selanjutnya, hasil dari sidang paripurna pemberhentian Sandiaga hari ini akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowo) melalui Menteri Dalam Negeri.

Selain itu, saat ini Sandiaga masih menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tidak ditemukan informasi yang valid bahwa Sandiaga mundur dari Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

REFERENSI
https://news.detik.com/berita/d-4184584/alasan-sandi-pilih-mundur-dari-wagub-hindari-politisasi-jabatan
https://kemenparekraf.go.id/profil/profil-pimpinan/sandiaga-salahuddin-uno

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo