[SALAH] Foto yang Diambil di Tengah Kerusuhan di Khartoum, Sudan

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. Foto pertama merupakan jembatan Kerch di Rusia, sementara foto kedua merupakan hasil foto suntingan.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/iVNNN

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Mari berdoa untuk #Sudan, Khartoum, Di mana African Union? Di mana Liga Arab?”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @BashirHashiysf mengunggah dua foto yang menunjukkan jembatan terbakar dan sebuah bangunan hancur karena bom. Kedua foto tersebut diklaim sebagai foto yang diambil di Khartoum, saat kerusuhan sedang memanas baru-baru ini. Foto dan cuitan yang diunggah pada 16 April tersebut telah disukai oleh 540 orang, dibagikan dan dikutip ulang hampir 400 kali, serta telah dilihat lebih dari 263,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran dengan Google Reverse Image Search, foto jembatan terbakar merupakan jembatan Kerch di Rusia. Foto serupa pernah diunggah Forbes di salah satu artikelnya yang berjudul “Watch Russia’s Lone Bridge to Crimea in Flames – Here’s What It Means for Putin’s War Efforts”.

Lebih lanjut, informasi serupa pernah dibahas oleh India Today. Dilansir dari artikel tersebut, foto kedua yang memperlihatkan gedung yang dibom merupakan hasil foto suntingan. India Today dalam artikelnya menulis pernyataan sebagai berikut:

“While it appeared to be the same photo of the same building, there was no fire smoke. At the same time, the fire and smoke in the viral photo appeared to have been digitally added”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @BashirHashiysf merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.forbes.com/sites/brianbushard/2022/10/08/watch-russias-lone-bridge-to-crimea-in-flames-heres-what-it-means-for-putins-war-efforts/?sh=73e8fb8c75e1


https://www.indiatoday.in/fact-check/story/no-these-photos-do-not-show-the-effects-of-civil-war-in-sudan-2361994-2023-04-19