[SALAH] Foto “Ganjar Pranowo mengenakan kaos bertuliskan ‘CROT!!'”

FOTO EDITAN. Foto itu adalah hasil manipulasi dari foto ketika Ganjar Pranowo menepati janji untuk mencukur gundul rambutnya pada perayaan Hari Kanker Anak Sedunia, Senin, 28 Februari 2022. Di foto asli, Ganjar mengenakan baju kaos dengan tulisan “Dibawah Bendera Revolusi” dan “Dr. Ir. H. Soekarno.”

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook RAMIJ MATONDANG (fb.com/gous.matondang.9) mengirimkan foto yang menampilkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang tampak mengenakan baju kaos bertuliskan “CROT!!” ke grup Facebook RELAWAN TANGGUH ANIES BASWEDAN dengan narasi:

“WARGA JAKARTA CUEK KETIKA BANG GANJAR LARI PAGI HARI INI DI SENAYAN. HANYA DI KERUMUNI OLEH MASSA CEBONG BAYARAN. #Kacian_Dech_Lu”

Sumber: archive.ph/EH1hJ (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang tampak mengenakan baju kaos bertuliskan “CROT!!” merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu adalah hasil manipulasi dari foto ketika Ganjar Pranowo menepati janji untuk mencukur gundul rambutnya pada perayaan Hari Kanker Anak Sedunia, Senin, 28 Februari 2022. Di foto asli, Ganjar mengenakan baju kaos dengan tulisan “Dibawah Bendera Revolusi” dan “Dr. Ir. H. Soekarno.”

Foto yang asli, salah satunya dimuat di artikel berjudul “Cukur Gundul, Bentuk Empati Gubernur Jateng Pada Anak Penyintas Kanker” yang terbit di situs humas.jatengprov.go.id pada 28 Februari 2022.

Dilansir dari artikel ini, foto lain Ganjar Pranowo dari berbagai sudut juga diunggah. Sama seperti foto yang pertama, Ganjar tampak mengenakan baju kaos bertuliskan “Dibawah Bendera Revolusi” yang merupakan judul buku fenomenal yang menghimpun tulisan-tulisan Soekarno pada masa penjajahan Belanda (1917 – 1925), menurut Asvi Warman Adam 61 tulisan ditulis sejak tahun 1926-1941.

REFERENSI
https://humas.jatengprov.go.id/detail_berita_gubernur?id=6244
https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1241079

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo