[SALAH] Foto “Megawati dan Ganjar Pranowo memegang kertas bergambar ‘kesukaan cebong'”

FOTO EDITAN. Foto itu adalah hasil manipulasi dari foto ketika Megawati Soekarnoputri menyerahkan berkas rekomendasi kepada Ganjar Pranowo yang saat itu jadi bakal calon Gubernur Jateng pada Minggu, 7 Januari 2018. Di foto asli tersebut tidak ada tulisan “kesukaan cebong” ataupun foto artis JAV.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Olivya Arcadewi (fb.com/olivya.olivya.9212) mengirimkan foto yang menampilkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ganjar Pranowo yang tampak memegang sebuah kertas yang terdapat tulisan “kesukaan cebong” dan foto artis JAV Shigeo Tokuda dan Maria Ozawa ke grup Facebook INDONESIA BERSUARA dengan narasi:

“Jangan lagi partai ini yg berkuasa Hampir 10 tahun Rakyat sudah cukup MENDERITA”

Sumber: archive.ph/bqTEJ (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang menampilkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ganjar Pranowo yang tampak memegang sebuah kertas yang terdapat tulisan “kesukaan cebong” dan foto artis JAV Shigeo Tokuda dan Maria Ozawa merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu adalah hasil manipulasi dari foto ketika Megawati Soekarnoputri menyerahkan berkas rekomendasi kepada Ganjar Pranowo yang saat itu jadi bakal calon Gubernur Jateng pada Minggu, 7 Januari 2018. Di foto asli tersebut tidak ada tulisan “kesukaan cebong” ataupun foto artis JAV.

Foto yang asli, dimuat di situs Antara Foto pada 7 Januari 2018 dengan keterangan “Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kiri) menyerahkan berkas rekomendasi kepada bakal calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1). PDIP resmi mengumumkan para cagub dan cawagub enam provinsi yakni provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur pada Pilkada 2018. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww/18.”

REFERENSI
https://www.antarafoto.com/mudik/v1515321616/pengumuman-cagub-cawagub-pdip

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo