[SALAH] “Erick Thohir pecat Ahok Dari Jabatan Komisaris Utama PT. Pertamina”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya judul, isi video dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi valid tentang Erick Thohir pecat Ahok dari Jabatan Komisaris Utama PT. Pertamina.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1682240425.533502/singlefile.html

=====

[NARASI]: V1ral ~ M4sa Dep4n Ah0k D1ambang Rvntuh ~ Ada Apa

=====

[PENJELASAN]
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Golliat” mengunggah video dengan narasi Erick Thohir pecat Ahok dari Jabatan Komisaris Utama PT. Pertamina.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Melansir dari Kompas.com, beberapa klip tidak terkait dengan narasi mengenai pemecatan Ahok. Salah satu klip yang menampilkan Ahok tengah diwawancarai identik dengan video di YouTube tvOne dengan judul “Wawancara Buka-bukaan, Ahok Disentil Stafsus BUMN”.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Erick Thohir pecat Ahok dari Jabatan Komisaris Utama PT. Pertamina adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/20/190800682/-hoaks-erick-thohir-pecat-ahok-dari-jabatan-komisaris-utama-pertamina?page=all#page2https://www.youtube.com/watch?v=cflNynpEk_s