[SALAH] Foto Buah Anggur Unik Dari Jepang Berbentuk Bintang

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya foto telah disunting dengan menggunakan aplikasi editing gambar, foto asli menunjukkan buah anggur tersebut tidak berbentuk bintang. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Faceboook

https://archive.is/B1vaQ

= = =

Narasi:

“Anggur baru Jepang setelah Anggur Shine Muscat”

= = =

Penjelasan:

Sebuah unggahan di Facebook membagikan foto buah anggur yang berbentuk bintang. Anggur tersebut diklaim menjadi anggur jenis baru setelah anggur Shine Muscat yang merupakan anggur dari persilangan anggur Akitsu-21 dan Hakunan yang berasal dari Jepang.

Setelah ditelusuri, foto yang dibagikan tersebut merupakan hasil editan dengan menggunakan aplikasi edit gambar di Android. Hasil penelusuran oleh AFP menemukan video Douying (TikTok China) tutorial cara mengedit foto anggur hingga berbentuk bintang, salah satu hasil editannya menunjukkan foto yang sama.

Selain itu, klaim keberadaan anggur baru asal Jepang yang berbentuk bintang dibantah oleh Luca Brillante, asisten profesor pemeliharaan anggur di California State University. “Anggur jenis ini tidak ada di alam,” ujar Lica Brillante kepada AFP.

Dengan demikian, foto buah anggur unik dari Jepang berbentuk bintang adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33CX7M7

https://www.douyin.com/video/7140398510565854478

===