[SALAH] “MAHFUD MD TANGKAP 5 PELAKU KORUPSI TTPU 349 T”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya judul, isi video dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi valid tentang Mahfud MD tangkap 5 pelaku korupsi TTPU 349 T.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1681856693.98798/singlefile.html

=====

[NARASI]: SRI MULYANI K∆GET:bangbang:MAHFUD MD BERHASIL S1K4T 5 P3L4KU UTAMA TPPU 349 T — TERNYATA INI OR4NGNYA

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Pendekar” mengunggah video dengan narasi Mahfud MD tangkap 5 pelaku korupsi TTPU 349 T.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Salah satu video juga identik dengan video yang diunggah oleh kanal Youtube milik KOMPASTV dengan judul “BREAKING NEWS – Rapat DPR Bersama Mahfud MD dan Sri Mulyani Bahas Transaksi Rp349 T di Kemenkeu”.

Video identik lainya adalah saat Mahfud Md yang sedang podcast dengan Helmy yahya yang diunggah kanal youtube dengan nama akun Helmy Yahya Bicara, dengan judul “Akhirnya Pak Mahfud MD Jadi Tamu Saya! | Helmy Yahya Bicara”.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Mahfud MD tangkap 5 pelaku korupsi TTPU 349 T adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/live/ZhGQkaBoYAQ?feature=share
https://www.youtube.com/watch?v=qZ4rHKdo7tM