[SALAH] Mantan Perdana Menteri Britania Raya Meledek Warga India yang Mengikuti Pemimpin dan Dewa Buta Huruf

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya foto asli pertama kali yang dipublikasi oleh media Bolta Hindustan menyematkan pernyataan alasan Liz Truss mengundurkan diri sebagai PM Britania Raya. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.md/tKmFr

= = =

Narasi:

“India adalah satu-satunya negara yang mengikuti para pemimpin dan dewa yang buta huruf -Liz Truss”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah gambar yang menyematkan foto Liz Truss serta narasi yang diklaim mengutip dari Liz Truss, kutipan tersebut berupa ejekan yang menyinggung India mengikuti para pemimpin dan dewa yang buta huruf, dari gambar tersebut juga terlihat logo dari media Bolta Hindustan sehingga gambar tersebut terkesan merupakan suatu berita dari media.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah. Faktanya, foto Liz Truss pada gambar asli yang disebarkan oleh Bolta Hindustan merupakan momen ketika pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri Britania Raya, kemudian narasi asli menunjukkan kutipan dari alasan alasan dari pengunduran dirinya. Diketahui alasan Liz Truss mengundurkan diri karena dia tidak bisa menepati janji selama dirinya berkuasa sebagai Perdana Menteri.

Dengan demikian, mantan Perdana Menteri Britania Raya meledek India yang Mengikuti pemimpin buta huruf adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-former-uk-pm-liz-truss-did-not-mock-india-for-illiteracy-fake-quote-2345080-2023-03-10

https://timesofindia.indiatimes.com/times-fact-check/news/fact-check-former-uk-pm-didnt-mock-indians-for-following-illiterate-leaders/articleshow/98611727.cms?from=mdr

===