[SALAH] Video “INDONESIA HARUS WASPADA DUA NEGARA BERNIAT SERANG RI DENGAN RUDAL RUDALNYA”

MENYESATKAN, isi video TIDAK berkaitan dengan Indonesia. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan beberapa artikel yang salah satunya berkaitan dengan sumbangan senjata Inggris ke Ukraina untuk keperluan konflik Ukraina dengan Rusia dengan mengganti aspek tertentu untuk mengesankan berkaitan dengan Indonesia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/GosNm (arsip cadangan).

NARASI: “INDONESIA HARUS WASPADA – MALAYSIA – UCRANIA – DUNIA MILITER UPDATE – BERITA TERKINI”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: isi video TIDAK berkaitan dengan Indonesia. Selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan beberapa artikel yang salah satunya berkaitan dengan sumbangan senjata Inggris ke Ukraina untuk keperluan konflik Ukraina dengan Rusia dengan mengganti aspek tertentu untuk mengesankan berkaitan dengan Indonesia.

Verifikasi Video

Salah satu sumber dengan bagian video yang identik, Gung Ho Vids di YouTube pada 19 Des 2015: “U.S. Soldiers conduct weapons familiarization training with German soldiers at Grafenwoehr Training Area in Germany on December 9, 2015. Unit – Combined Arms Training Center, 7th Army Joint Multinational Training Command (JMTC) …” [2]

Salah satu sumber artikel yang dibaca, CNBC Indonesia: “Inggris telah bersiap menyerang balik Rusia yang kini masih berkonflik dengan Ukraina. Ancaman ini disampaikan Inggris seiring siapnya persenjataan negara tersebut untuk menyerang Rusia. …” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

BBC: “The Russian government has accused the UK of “provoking” Ukraine into attacking Russian territory. Russia’s defence ministry said it was ready to hit “decision-making centres” in Kyiv should such attacks occur. …” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “American Soldiers Train German Soldiers On U.S. Machine Guns”, https://bit.ly/3L3VvlO / https://archive.ph/KoRzp (arsip cadangan).

[3] cnbcindonesia.com: “Inggris Ancam Serang Balik Rusia, Sudah Siapkan Senjata Ini!”, https://bit.ly/3KIZ6o4 / https://archive.ph/stBDN (arsip cadangan).

[4] bbc.com: “Ukraine war: Russia accuses UK of provoking attacks on its territory”, https://bit.ly/3mBnr74 / https://archive.ph/VXgPR (arsip cadangan).