[SALAH] Video Arteria Dahlan Diamankan Kapolri karena Menikmati Dana 349 Triliun

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video Arteria Dahlan diamankan Kapolri tidak benar. Faktanya gambar thumbnail yang digunakan merupakan foto saat kasus narkoba Ardhito Pramono dan tidak ada pembahasan mengenai Arteria Dahlan yang diamankan Kapolri

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1681018642.230231/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“AKHIRNYA ARTERIA DAHLAN DI CIDUK
KAPOLRI GERAK CEPAT AMANKAN PENGKHIANAT NEGARA”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Golliat memposting sebuah video berdurasi 8 menit 2 detik nampak tampilan thumbnail Arteria Dahlan yang menggunakan baju oren berdiri ditengah-tengah polisi dan nampak Mahfud yang mengenakan baju putih. Pada postingan tersebut terdapat klaim bahwa Arteria Dahlan diamankan karena ikut menikmati dana 349 triliun.

Setelah ditelusuri gambar thumbnail yang digunakan merupakan hasil editan. Ditemukan gambar yang identik pada artikel Kompas.com berjudul “4 Artis yang Baru-baru Ini Ditangkap karena Narkoba, Siapa Saja?”. Gambar yang asli adalah foto saat rilis kasus narkoba di Polres Jakarta Barat pada Kamis 13 Januari 2022 orang yang memakai baju oren adalah Ardhito Pramono. Sedangkan seseorang yang memakai baju putih bukan Mahfud MD. Lebih lanjut pada video yang diunggah tidak ada pembahasan mengenai Arteria Dahlan yang ditangkap Kapolri, video tersebut membahas sikap Arteria Dahlan saat rapat dengan Mahfud MD menjelaskan temuan 349 triliun dengan anggota Komisi II DPR RI.

Dengan demikian klaim dan thumbnail pada video tersebut tidak benar. Gambar thumbnail yang digunakan merupakan foto saat kasus narkoba Ardhito Pramono dan tidak ada pembahasan mengenai Arteria Dahlan yang diamankan Kapolri, sehingga masuk dalam kategori konten dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/17/103000565/4-artis-yang-baru-baru-ini-ditangkap-karena-narkoba-siapa-saja-?page=all