[SALAH] Putihkan Gigi Dengan Kutek kuku

Hasil Periksa Fakta Dyah febriyani

Penggunaan kutek kuku untuk gigi adalah tindakan berbahaya, zat kimia pada kutek memungkinkan untuk tertelan. Selain itu juga dapat menyebabkan gigi mudah retak dan patah karena kandungan kimia di dalamnya.

===========
[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

===========
[SUMBER]

TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1680159835.239711/singlefile.html

=========
[NARASI]

“Instant Veneers DIY
White nail polish hahaha”

============
[PENJELASAN]

Viral sebuah tips memutihkan gigi dengan menggunakan kutek kuku. Video itu diunggah oleh akun TikTok @nerfonipa pada September lalu. Di dalam video ia menunjukan cara mengaplikasikan kutek kuku ke bagian gigi. Faktanya, tips tersebut adalah salah.

Pemakaian kutek kuku yang mengandung zat kimia, memungkinkan akan tertelan jika diaplikasikan pada gigi. Kutek seharusnya ditujukan untuk pemakaian luar. Selain bahaya jika tertelan, kutek juga dapat merusak gigi.

Dilansir dari okezone.com, Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia Dr drg Hananto Suseno SpBM, MM mengatakan seseorang mudah mengalami peradangan karena gigi sangat sensitif. Kerusakan terjadi pada bagian penyangga gigi, yang memudahkan gigi retak atau patah.

Ia menjelaskan bahwa di bagian rongga mulut terdapat email dan gusi. Kalau tidak dijaga, pasti bikin gigi menguning. Jika menggunakan benda asing, seperti cat kuku ada zat kimia yang merusak gigi.

==========
[REFERENSI]

https://health.okezone.com/read/2018/03/20/481/1875490/viral-putihkan-gigi-dengan-kutek-bahayanya-bikin-cepat-retak-patah