[SALAH] Video PDIP Blitar Deklarasi Anies Baswedan Menjadi Capres 2024

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Acara dalam video itu adalah pelantikan DPC BMI se-Jawa Timur, yang merupakan organisasi sayap PDIP, yang digelar di Gedung Kesenian Ponorogo, Minggu 26 Februari 2023.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1680874560.179319/singlefile.html (Twitter)

=====

[NARASI]: “PDIP BLITAR DEKLARASI DAN MENGUSUNG ANIES CAPRES 2024”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter @Jatayu_45 mengunggah cuitan dengan melampirkan video yang diklaim deklarasi Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Blitar untuk mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden Republik Indonesia tahun 2024.

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu telah diusung Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat, untuk mencalonkan diri dalam Pilpres 2024.

Dikutip dari Tempo, pada video tersebut terdapat cuplikan latar panggung yang berisi melibatkan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Banteng Muda Indonesia (BMI) se-Jawa Timur dan sebuah acara yang digelar di Ponorogo pada 26 Februari 2023. Berdasarkan penelusuran, ditemukan bahwa isi video itu terkait acara pelantikan DPC BMI se-Jawa Timur, Minggu 26 Februari 2023 di Gedung Kesenian Ponorogo.

Hingga saat ini, PDIP belum mengumumkan calon yang diusung atau didukungnya dalam Pilpres 2024. Mereka masih menjajaki kemungkinan membentuk koalisi besar dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

PDIP menyatakan bersedia bergabung dengan koalisi besar itu asalkan calon presiden (capres) yang diusung bersama berasal dari kader mereka. Namun, mereka belum menyebutkan siapa kader partai yang akan dicalonkan.

=====

[REFERENSI]: