[SALAH] Video Wawancara Bill Gates Membicarakan Pencurian Ide Sistem Teknologi Microsoft

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video asli wawancara Bill Gates seperti pada video tersebut membicarakan perubahan iklim dan teori konspirasi mengenai Covid-19, hasil penelusuran dalam video asli tidak ditemukan topik mengenai pencurian sistem ide sistem teknologi Microsoft. Suara dalam video telah dimanipulasi dengan menggunakan teknologi AI Deepfake. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/55QV-N6F5

= = =

Narasi:

‚ÄúTentu saja bukan, tentu kita semua tahu bahwa bukan Anda yang sebenarnya menciptakan sistem operasi Microsoft. Anda mencuri teknologi tersebut untuk mendapatkan keuntungan.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Instagram menunjukkan wawancara Bill Gates dalam acara khusus, semula Bill Gates mengatakan bahwa kontribusi ia di dunia adalah menciptakan teknologi sistem operasi Microsoft, kemudian pembawa acara menanggapinya dengan membantah bahwa Bill Gates tidak menciptakan Microsoft dan menegaskan bahwa Bill Gates telah mencuri teknologi tersebut dari orang lain. Pada akhir video Bill Gates terlihat tidak nyaman dan mengakhiri acara wawancara tersebut.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah. Faktanya, video asli dalam wawancara tersebut tidak ditemukan topik pembicaraan yang membahas mengenai pencurian teknologi seperti pernyataan yang diberikan pewawancara dalam video yang beredar di Instagram tersebut.

Video asli pewawancara dengan Bill Gates yang diunggah melalui YouTube dalam channel ABC News (Australia) pada 31 Januari 2023 membahas mengenai perubahan iklim dan teori konspirasi mengenai Covid-19, kemudian acara tersebut ditutup dengan baik oleh pewawancara tidak seperti pada video yang beredar tersebut.

Berbagai sumber media menyebut bahwa video tersebut telah dimanipulasi dengan menggunakan teknologi AI Deepfake. Dikutip dari AFP dan Factly, teknologi AI Deepfake dapat mengubah wajah dan suara dalam sebuah video.

Dengan demikian, video wawancara Bill Gates membicarakan pencurian ide sistem teknologi Microsoft adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://apnews.com/article/fact-check-bill-gates-interview-661059591134

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2023/03/16/fact-check-audio-bill-gates-interview-digitally-altered/11478206002/

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33BC7UJ

===