[SALAH] INDONESIA DIPASTIKAN TAMPIL DIPIALA DUNIA U20

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut berisi pidato Presiden FIFA dalam rangka menyambut Kongres Luar Biasa PSSI. Subtitle yang ditampilkan sama sekali tidak sesuai dengan pernyataan yang diucapkan Presiden FIFA .

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1680794471.490618/singlefile.html (Youtube)

====

[NARASI]:
TRENDING DISELURUH DUNIA – INDONESIA DIPASTIKAN TAMPIL DIPIALA DUNIA U20 KARENA HAL INI

KEPUTUSAN MUTLAK FIFA
TIMNAS INDONESIA TETAP LOLOS PIALA DUNIA U20 TAHUN INI (dalam thumbnail)

====

[PENJELASAN]:
Beredar video dari channel youtube Dafa Bola yang menampilkan Presiden FIFA Gianni Infantino disertai subtitle berbahasa Indonesia dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa Timnas Indonesia dipastikan tetap lolos dan tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut identik dengan video unggahan channel youtube resmi PSSI TV berjudul “Pesan Khusus Presiden FIFA Gianni Infantino” yang tayang pada 2 November 2019.

Dalam video tersebut berisi pidato Presiden FIFA Gianni Infantino dalam rangka menyambut Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang digelar pada 2 November 2019.

Subtitle yang ditampilkan dalam video tersebut sama sekali tidak sesuai dengan pernyataan yang diucapkan Presiden FIFA Gianni Infantino pada video aslinya.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Indonesia dipastikan tetap lolos dan tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2023 tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/06/090100782/-hoaks-presiden-fifa-pastikan-indonesia-tampil-di-piala-dunia-u-20?page=all#page2

https://www.fifa.com/about-fifa/organisation/media-releases/fifa-removes-indonesia-as-host-of-fifa-u-20-world-cup-2023-tm