[SALAH] Video Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim bahwa video yang diunggah di Tiktok adalah kebakaran kilang minyak Pertamina RU II Dumai, Riau tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan peristiwa kebakaran di Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1680961629.759791/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Kebakaran Kompresor Kilang Minyak Pertamina RU II Dumai riau”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok P3k4nbarupos memposting sebuah video yang memperlihatkan kobaran api berdurasi 42 detik. Peristiwa tersebut diklaim sebagai kebakaran kompresor kilang minyak Pertamina RU II Dumai, Riau.

Setelah ditelusuri menggunakan Invid ditemukan video yang identik pada Youtube Kumparan. Video tersebut berjudul ” Detik-detik Ledakan di Depo Pertamina Plumpang, 14 Orang Tewas” yang diunggah pada 3 Maret 2023. Video yang identik dengan yang diunggah di Tiktok pada detik ke 14. Video tersebut merupakan peristiwa kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara yang terjadi hari Jumat 3 Maret 2023 pukul 20.11 WIB.

Dengan demikian klaim bahwa video yang diunggah di Tiktok adalah kebakaran kilang minyak Pertamina RU II Dumai, Riau tidak benar. Video tersebut merupakan peristiwa kebakaran di Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=1UpJs4YoPl4