[SALAH] Video “UMAT ISLAM BERTAKBIR, ARAB SAUDI NYATAKAN SIAP DAMPINGI RI LAWAN NEGARA BARAT”

MENYESATKAN, isi video TIDAK sesuai dengan judul. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan Amerika Serikat, Ukraina dan Rusia menjadi Arab Saudi dan Indonesia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/RZlIo (arsip cadangan).

NARASI: “UMAT ISLAM BERTAKBIR, ARAB SAUDI NYATAKAN SIAP DAMPINGI RI LAWAN NEGARA BARAT”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: isi video TIDAK sesuai dengan judul. Selain berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan Amerika Serikat, Ukraina dan Rusia menjadi Arab Saudi dan Indonesia.

Verifikasi Video

Salah satu sumber dengan bagian video yang identik, Sekretariat Presiden di YouTube pada 14 Apr 2019: “Presiden Jokowi Bertemu Raja Salman di Istana Pribadi Raja di Riyadh …” [2]

Salah satu sumber artikel yang dibaca, SINDOnews pada 7 Jan 2023: “WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) bersiap untuk mengirim sejumlah rudal canggih RIM-7 Sea Sparrow ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia . Misil anti-pesawat jarak pendek itu bagian dari paket bantuan militer besar terbaru senilai USD3,75 miliar yang telah dijanjikan Washington untuk Kiev. …” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Video, kata kunci: “jokowi salman riyadh 2019”. [4]

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “jokowi salman riyadh 2019”. [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “Pertemuan Presiden Jokowi dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, Riyadh, 14 April 2019”, https://bit.ly/40X3QNc / https://archive.ph/MSprB (arsip cadangan).

[3] sindonews.com: “AS Persenjatai Ukraina dengan Rudal Canggih Sea Sparrow untuk Lawan Rusia”, http://bit.ly/3zzs2K4 / https://archive.ph/YCEau (arsip cadangan).

[4] google.com, https://bit.ly/3UeUev5 / https://archive.ph/OkvRb (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3Gjwikr / https://archive.ph/1S60c (arsip cadangan).