[SALAH] Video “ANWAR TERTANGKAP BASAH – MALAYSIA – UCRANIA”

MENYESATKAN, tema yang diangkat di video TIDAK berkaitan dengan Perdana Menteri Anwar Ibrahim. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya hanya berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menjadi Anwar Ibrahim.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/8UUM3 (arsip cadangan).

NARASI: “ANWAR TERTANGKAP BASAH – MALAYSIA – UCRANIA – DUNIA MILITER UPDATE – BERITA TERKINI”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: tema yang diangkat di video TIDAK berkaitan dengan Perdana Menteri Anwar Ibrahim. Selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya hanya berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menjadi Anwar Ibrahim.

Verifikasi Video

Salah satu sumber dengan bagian video yang identik, CNN Indonesia di YouTube pada 9 Jan 2023: “CT Corp Leadership Forum Bersama YAB Dato’ Seri Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Malaysia …” [2]

Salah satu sumber artikel yang dibaca, Liputan6.com: “Beredar kabar Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meninggalkan negaranya ke Polandia. Ketua parlemen Rusia telah mengklaim bahwa dia telah melarikan diri ke negara tersebut. …” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian di YouTube, kata kunci: “anwar ibrahim leadership forum”. [4]

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “anwar ibrahim leadership forum”. [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “CT Corp Leadership Forum Bersama YAB Dato’ Seri Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Malaysia”, https://bit.ly/3TZkWYF / https://archive.ph/Dq0eM (arsip cadangan).

[3] liputan6.com: “Perang Rusia Ukraina, Presiden Zelensky Dikabarkan Kabur ke Polandia Sembunyi di Kedubes AS?”, http://bit.ly/42WVkzD / https://archive.ph/atF3w (arsip cadangan).

[4] youtube.com, https://bit.ly/3M5kVAt / https://archive.ph/OQKqd (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3U3KPq3 / https://archive.ph/HZkdl (arsip cadangan).