[SALAH] TERSERET KORUPSI BESAR ANIES, NOVEL BASWEDAN DI PANGGIL PAKSA KPK

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan editan dari video pemanggilan Anies Baswedan dan Prasetyo Edi terkait kasus Korupsi Pengadaan Lahan, pidato Jokowi, dan liputan Novel Baswedan yang setuju menjadi ASN Polri yang diberi narasi menyesatkan.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1679809052.528813/singlefile.html

= = = = =

Narasi : “TERSERET KORUPSI BESAR ANIES, NOVEL BASWEDAN DI PANGGIL PAKSA KPK”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube SEPUTAR ISTANA mengunggah video pada tanggal 17 Februari 2023 dengan judul: “TERSERET KORUPSI BESAR ANIES, NOVEL BASWEDAN DI PANGGIL PAKSA KPK”. Dalam video disebutkan narasi bahwa Anies berhutang budi kepada Novel Baswedan saat korupsi 146 milyar uang negara.

Video pertama yang ditampilkan adalah video yang identik dengan liputan pemanggilan Anies Baswedan dan Prasetyo Edi terkait kasus Korupsi Pengadaan Lahan yang diunggah akun Youtube tvOneNews pada tanggal 21 September 2021.

Video kedua yang diunggah adalah video pidato Jokowi yang diunggah pada tanggal 7 Februari 2023 oleh akun Youtube iNews id dengan judul: “Presiden Jokowi Sebut Komitmen Pemberantasan Korupsi Tak Pernah Surut”.

Video ketiga yang dicuplik adalah video yang identik dengan liputan CNN Indonesia yang diunggah pad tanggal 6 Desember 2021 dengan judul: “Novel Baswedan dan Eks Pegawai KPK Setuju Jadi ASN Polri”. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=_eOUr2M3LU8
https://www.youtube.com/watch?v=AXUZE9pPhtY
https://www.youtube.com/watch?v=9gzlLWpXIwE