[SALAH] Tangkapan Layar Unggahan Facebook Mark Zuckerberg Benci Indonesia Karena Fotonya Dijadikan Lelucon

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Hasil manipulasi. Pada akun Facebook Mark Zuckerberg tidak ditemukan unggahan seperti pada tangkapan layar pada tanggal 14 Maret 2023.

===========
[KATEGORI]

Satire/Parodi

==========
[SUMBER]

Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1680152077.156475/singlefile.html

===========
[NARASI]

” I hate Indonesia, my picture is made as a joke

Di terjemahkan dalam bahasa Inggris

Aku benci Indonesia karena fotoku dibuat bahan bercandaan”

==============
[PENJELASAN]

Beredar sebuah tangkapan layar unggahan Facebook Mark Zuckerberg dengan narasi ia membenci Indonesia karena fotonya dibuat bahan becandaan. Postingan tersebut dibagikan ulang di Twitter dan mendapat 21 ribu suka dari pengguna Twitter. Faktanya, tangkapan layar itu merupakan hasil manipulasi.

Dilansir dari Liputan6.com, telah ditelusuri dengan mengunjungi akun resmi Mark Zuckerberg di Facebook, @markzuckerberg yang sudah centang biru atau terverifikasi. Tidak ditemukan unggahan Mark seperti dalam tangkapan layar tersebut.

Pada 14 Maret 2023 Mark justru mengunggah postingan terkait keputusannya melakukan efisiensi di perusahaan induk Facebook, Meta.

Dengan demikian, tangkapan layar unggahan Facebook Mark Zuckerberg membenci Indonesia karena fotonya dijadikan lelucon adalah salah. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori satire/paraodi.

============
[REFERENSI]

https://www.facebook.com/zuck?mibextid=ZbWKwL

https://m.antaranews.com/berita/3460956/hoaks-mark-zuckerberg-benci-indonesia-karena-fotonya-dijadikan-lelucon

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5244437/cek-fakta-tidak-benar-pendiri-facebook-mark-zuckerberg-membenci-indonesia-karena-fotonya-sering-dijadikan-bahan-bercandaan