[SALAH] Anies Akui Semua Hutangnya, Permalukan Diri & Para Pendukungnya

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Bukan mengakui utang melainkan Anies Baswedan mengklarifikasi mengenai isu utang yang tengah beredar.

==========
[KATEGORI]

Koneksi yang salah

==========
[SUMBER]

Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1679418418.259146/singlefile.html

=========
[NARASI]

“Akhirnya, Anies Anies Akui Semua Hutangnya, Permalukan Diri & Para Pendukungnya”

============
[PENJELASAN]

Beredar video Facebook yang mengklaim bahwa Anies Baswedan mengakui semua utangnya, serta mempermalukan diri dan para pendukungnya. Pengunggah menampilkan video Anies yang tengah diwawancarai dan cuplikan-cuplikan video kegiatan politik Anies. Faktanya unggahan Facebook tersebut tidak benar.

Berdasarkan penelusuran inVid, video Anies tengah diwawancarai menggunakan kemeja biru, merupakan momen saat wawancara dengan Merry Riana. Video tersebut diunggah pada 10 Februari 2023 pada kanal Youtube Merry Riana. Unggahan Youtube itu berdurasi 1 jam 24 menit yang membahas karir Anies Baswedan sebagai politisi selama 5 tahun terakhir.

Dilansir dari detik.com yang menuliskan kesimpulan dari video Youtube Merry Riana, Anies menegaskan perjanjian Rp 50 miliar bukan sebuah utang yang harus dilunasi. Dia menekankan perjanjian itu sudah selesai.

Dengan demikian, unggahan yang mengklaim Anies Baswedan mengakui semua utangnya serta mempermalukan pendukungnya adalah salah. Unggahan tersebut tergolong dalam kategori konten dengan Koneksi yang salah.

=========
[REFERENSI]

https://youtu.be/155f18L7t_0

https://news.detik.com/pemilu/d-6563305/anies-uang-rp-50-m-bukan-dari-sandi-bukan-utang-bila-menang-pilkada/2

https://metro.suara.com/read/2023/02/06/115156/klarifikasi-tim-anies-baswedan-usai-dituding-utang-rp-50-miliar-ke-sandiaga-uno-di-pilkada-dki-jakarta