[SALAH] Zombie Adalah Pahlawan Muslim Keturunan Afrika dan Pahlawan Negara Islam di Brazil

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti valid yang menunjukkan bahwa nama Zombie berasal dari nama Pahlawan Muslim Keturunan Afrika yang juga merupakan pahlawan Negara Islam di Brazil.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/2023.03.24-024410/https://twitter.com/gadisbaw3l2/status/1638826364940996608?s=46

=====

Narasi:

“BACK 2 HIST0RY

Siapa Zombie?
Dgn nama inilah barat menakut²i anak laki2 & menunjukkannya sbg mayat hidup dlm film horor.

Dia adlh Pahlawan Muslim “Gangga Zombie” yg memiliki Kepribadian yg hebat & pahlawan Negara Islam di Brazil, keturunan Afrika”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @Gadisbaw3l2 mengunggah foto yang memperlihatkan batu nisan bertuliskan “Zumbi Dos Palmares”, yang diklaim sebagai pahlawan Muslim “Gangga Zombie”. Pengguna Twitter tersebut juga menulis keterangan bahwa Gangga Zombie merupakan pahlawan Negara Islam di Brazil dan seorang keturunan Afrika.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada bukti valid yang mendukung informasi tersebut. Dilansir dari situs Black History Heroes, Zumbi dos Palmares memang merupakan pahlawan Brazil dan pelopor perlawan perbudakan orang-orang Afrika oleh bangsa Portugis. Zumbi juga merupakan keturunan Afrika. Namun, tidak ada keterangan yang menyebutkan Zumbi merupakan pahlawan bagi warga Islam di Brazil.

Terlebih lagi, informasi serupa pernah dibahas oleh http://turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] “Ternyata Zombie adalah Pahlawan Islam” dan dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @Gadisbaw3l2 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
http://www.blackhistoryheroes.com/2010/05/zumbi-dos-palmares.html#:~:text=Before%20King%20Ganga%20Zumba’s%20death,in%2Dchief%20of%20its%20resistence.


https://turnbackhoax.id/2020/10/27/salah-ternyata-zombie-adalah-pahlawan-islam/