[SALAH] Ganjar Pranowo Dipecat dari Partai PDIP

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya tidak ada pembahasan yang sesuai dengan judul mengenai pemecatan Ganjar dari PDIP, namun pembahasan hanya berisi transaksi mencurigakan senilai 300 triliun di Kemenkeu.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1679641912.782416/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “NASIB GANJAR DI UJUNG TANDUK!! GAGAL NYAPRES DIP3CAT PULA DARI PARTAI BANTENG || BERITA TERKINI”

===========

[PENJELASAN]: Klaim penyitaan rumah Ganjar ini datang dari sebuah channel Youtube bernama CCTV Politik yang mengunggah video pada 21 Maret 2023 lalu, lalu apakah klaim tersebut benar?

Video diawali oleh cuplikan wawancara Hasto Kristiyanto mengenai pemecatan Kader yang terkena OTT KPK, video tersebut berasal dari kanal Youtube CNN Indonesia yang diunggah pada 2019 lalu, sehingga yang dimaksud tentu bukanlah Ganjar Pranowo yang mengalami pemecatan.

Di tengah durasi tiba-tiba pembahasan beralih ke tanggapan dari Anthony Budiawan, seorang Managing Director Political Economy and Policy Studies (PEPS), mengenai transaksi mencurigakan senilai 300 triliun yang muncul dari Kementerian Keuangan.

Hingga akhir video sama sekali tidak ditemukan pembahasan mengenai pemecatan Ganjar Pranowo dari partai PDIP. Dapat disimpulkan bahwa klaim pada judul dan thumbnail video tersebut tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://fajar.co.id/2023/03/15/sesalkan-gelagat-menko-polhukam-dalam-kasus-dugaan-pencucian-uang-rp300-triliun-anthony-budiawan-mahfud-md-seperti-lsm-aja/

https://www.kompas.id/baca/polhuk/2023/03/20/menko-polhukam-transaksi-mencurigakan-di-kemenkeu-rp-349-triliun 


https://www.youtube.com/watch?v=Q1qNyD9oaGw