[SALAH] Warga Plumpang Habisi Anak Ahok

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai warga Plumpang menghabisi anak Ahok. Video tersebut hanya menjelaskan tentang bantuan yang diberikan Pertamina kepada warga terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

=====

[KATEGORI]: Koneksi yang Salah

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1679419643.838197/singlefile.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “TRAGIS… WARGA PELUMPANG NEKAT HABISI ANAK AHOK HINGGA BEGINI”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah kanal Youtube mengunggah video dengan klaim warga Plumpang menghabisi anak dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Dalam video menyebut bahwa kejadian tersebut merupakan imbas dari kejadian kebakaran Depo Pertamina Plumpang beberapa waktu lalu.

Setelah menonton keseluruhan video, tidak terdapat informasi mengenai anak Ahok yang dihabisi oleh warga Plumpang. Narasi video justru identik dengan artikel Okezone dengan judul “4 Fakta Terbaru Korban Kebakaran Depo BBM Plumpang, Ini yang Diberikan Pertamina”, yang diunggah pada 19 Maret 2023.

Dalam artikel tersebut hanya menjelaskan mengenai fakta bantuan yang diberikan oleh Pertamina kepada warga terdampak kebakaran Depo Plumpang. Melalui Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, memastikan sudah menyiapkan kontrakan agar bisa dihuni warga yang rumahnya terdampak. Selain menyediakan hunian, Pertamina juga memberikan bantuan materil dengan anggaran sebesar Rp1,72 miliar.

Nicke juga kembali memastikan telah membackup semua untuk kebutuhan biaya pengobatan.

=====

[REFERENSI]:

– https://economy.okezone.com/read/2023/03/18/320/2783347/4-fakta-terbaru-korban-kebakaran-depo-bbm-plumpang-ini-yang-diberikan-pertamina?page=1