[SALAH] Ayu Ting-Ting Meninggal Dunia Maret 2023

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Video dengan klaim Ayu Ting-Ting meninggal dunia pada bulan Maret 2023 adalah konten dengan kategori konten yang dimanipulasi yakni ketika gambar asli kemudian dimanipulasi dengan tujuan penipuan.

=========
[KATEGORI]
Konten yang Dimanipulasi

========
[NARASI]
“INNALILLAHI: Suasana Rumah Duka Ayu Ting Ting Sederet Artis Tak Kuasa Menahan Tangis”

Sumber: Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1679568086.434034/singlefile.html

==========
[PENJELASAN]

Pada Minggu, 19 Maret 2023 sebuah channel youtube dengan nama RASIS (https://www.youtube.com/@rasis2143) mengunggah sebuah konten dengan klaim meninggalnya Ayu Ting-Ting salah seorang penyanyi dangdut ternama asal Indonesia.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, apa yang disampaikan pada klaim tersebut tidak benar adanya. Sebab, pada pertengahan video pengunggah justru menyampaikan bahwa yang sebetulnya meninggal ialah paman dari Ayu Ting-Ting, Kapten Infanteri Kardi pada tahun 2020 lalu. Selain itu, potongan video yang digunakan di dalam video tersebut pun tidak mendukung klaim yang disampaikan oleh pengunggah. Contohnya saja seperti potongan video Narji Cagur yang diunggah oleh channel youtube Net Entertainment News yang tengah berduka akibat meninggalnya sang ayah pada 2016 lalu.

Tak hanya itu, bukti lain yang menunjukkan bahwa klaim yang disampaikan tidak benar adanya ialah karena hingga kini Ayu Ting-Ting masih aktif membagikan update aktivitasnya di laman media sosial instagramnya.

==========
[REFERENSI]
[1] https://youtu.be/HzinNQxCoaQ
[2] https://www.instagram.com/stories/ayutingting92/3064747140174915771/