[SALAH] “RESMI PRABOWO DAN GANJAR JADI CAPRESĀ  – CAWAPRES 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan. Faktanya, setelah melakukan penelusuran thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

=====

[KATEGORI] KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER] FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1679452823.160067/singlefile.html

=====

[NARASI] Duet Prab0wo dan Ganj4r Bikin Gemp4r ! Jutaan Kader Ger1ndra Sepakati Semua Ini

=====

[PENJELASAN]
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Kunci Cerdas” mengunggah video dengan narasi resmi duet Prabowo dan Ganjar jadi Capres – Cawapres 2024 nanti.

Setelah melakukan penelusuran thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Melansir dari Kompas.com, Dalam video yang beredar, narator hanya membahas mengenai sikap Partai Gerindra yang terbuka jika Prabowo dipasangkan dengan Ganjar. Di samping itu, (PDI-P) belum memutuskan calon yang akan diusung, meski nama Ganjar kerap mencuat.

Dengan demikian, klaim tentang narasi resmi duet Prabowo dan Ganjar jadi Capres – Cawapres 2024 nanti adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/03/21/163629182/hoaks-prabowo-dan-ganjar-resmi-jadi-capres-cawapres-pada-17-maret?page=all#page2