[SALAH] “PRESIDEN JOKOWI PECAT PRABOWO DENGAN CARA TIDAK HORMAT”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan. Faktanya, setelah melakukan penelusuran thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

=====

[KATEGORI] KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER] FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1679384728.446001/singlefile.html

=====

[NARASI] Pr4bowo dip3cat secara tid4k terhormat, presiden c4but gelar Kemenh4n !

=====

[PENJELASAN]
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Doa Ibu” mengunggah video dengan klaim Presiden Joko Widodo pecat Prabowo sebagai Mentri  Pertahanan dengan cara tidak hormat.

Setelah melakukan penelusuran thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Salah satu potongan video yang memperlihatkan Prabowo Subianto ang sedang diwawancarai identik dengan video yang diunggah oleh kanal Youtube “BeritaSatu” dengan judul Prabowo Subianto: banyak alutsista kita sudah tua mendesak untuk diganti.

Melalui akun Instagram milik Prabowo Subianto yaitu “Prabowo”, beliau mengunggah foto dengan keterangan pada tanggal 21 Maret masih mendampingi Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke pasar Youtefa di kota Jayapura.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim Presiden Joko Widodo pecat Prabowo sebagai Mentri  Pertahanan dengan cara tidak hormat adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]
https://youtu.be/bWufeN17K-4
https://www.instagram.com/p/CqCxgFAutrP/?igshid=YmMyMTA2M2Y=