[SALAH] FIFA Tunjuk Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2040

Informasi menyesatkan. Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga menjelaskan bahwa sampai saat ini tidak ada pembicaraan apapun dengan FIFA terkait tuan rumah Piala Dunia 2040.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/FVfcG)

======

[NARASI]:

“Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia 2040! :scream::flag-id:
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan jika Presiden FIFA, Gianni Infantino, meminta agar Indonesia menyiapkan diri agar bisa menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia 2040.
“Diskusi bapak Presiden dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, ketika ada di G20 salah satunya Indonesia diharapkan bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2040,” ucap Erick Thohir
“Untuk itu, kita harus punya blueprint menuju 2040, apakah itu diprogram, diinfrastruktur, atau mendorong percepatan Timnas atau pembinaan secara menyeluruh,” tambahnya.
:camera:Tribungaruda”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook bernama Info Bola mengunggah gambar yang memperlihatkan Ketua PSSI sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir tengah berfoto bersama Presiden FIFA, Gianni Infantino sambil memegang bola. Dalam narasi klaim disebutkan bahwa bos FIFA tersebut menunjuk Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2040.

Berdasarkan hasil penelusuran, merujuk pada video yang diunggah oleh kanal YouTube resmi PSSI, Erick Thohir hanya menyampaikan bahwa Presiden FIFA mengharapkan Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2040.

Namun, harapan yang disampaikan oleh Gianni Infantino kepada Presiden Jokowi itu baru sebatas pernyataan dan tidak ada penunjukkan secara resmi oleh Presiden FIFA itu.
Kabar Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2040 oleh FIFA juga dibantah oleh anggota Exco PSSI Arya Sinulingga.

Menurut dia, sampai hari ini, FIFA belum ada keputusan apapun mengenai penyelenggaraan Piala Dunia 2040.

Seperti diketahui proses penunjukan tuan rumah Piala Dunia 2040 itu harus lewat bidding. Indonesia bisa saja ikut bidding agar dipercaya menjadi tuan rumah.

“Jadi sampai hari ini belum ada keputusan apapun dari FIFA mengenai penyelenggaran Piala Dunia 2040,” kata Arya dalam keterangannya kepada awak media.

======

REFERENSI:

https://www.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-016437639/cek-fakta-benarkah-fifa-tunjuk-indonesia-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-2040?page=all

https://www.antaranews.com/berita/3443856/misinformasi-fifa-tunjuk-indonesia-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-2040

https://www.bolasport.com/read/313728827/fifa-tunjuk-indonesia-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-2040-exco-pssi-buka-suara