[SALAH] Petugas Berseragam Aniaya Anak Hingga Tewas

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video tersebut bukan merupakan penganiayaan anak, melainkan pemukulan pria berusia 30 tahun bernama Andi Bibir.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==============
Kategori: Konten yang menyesatkan

Beredar sebuah postingan video oleh akun Twitter @GheaJhanaLie7 yang menunjukan sekelompok petugas berseragam menganiaya anak hingga tewas, dengan narasi sebagai berikut:

NARASI:
Sya Jd teringat video Tahun 2019 ini
tp sayang dia bukan anak pejabat ato petinggi ormas…!!

Ketika itu mereka Ramai2 Membantainya hingga Mereguk nyawanya..

Dari sini saya sadar bahwa Demokrasi itu sangat berbahaya dan lebih Brutal juga dari PKI

Sumber: Twitter https://archive.cob.web.id/archive/1679279321.186201/singlefile.html Arsip

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan hoaks lama bersemi kembali, yang pernah beredar pada tahun 2019 di tengah masyarakat.

Konten serupa sudah pernah beredar sebelumnya dan diverifikasi di laman turnbackhoax.id pada 29 Agustus 2022 berjudul “[SALAH] Video Menolak lupa tragedi pembantaian anak usia 15 tahun pada bulan puasa tanggal 23 mei 2019 oleh pasukan Brimob”.

Video tersebut merupakan pemukulan pria berusia 30 tahun bernama Andi Bibir, dan dikabarkan masih hidup. Ia merupakan salah satu perusuh saat aksi 22 Mei 2019 yang berhasil ditangkap oleh anggota Brimob.

Dengan demikian, klaim bahwa anak yang dianiaya petugas meninggal dunia, adalah salah. Sehingga masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

RFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2022/08/29/salah-video-menolak-lupa-tragedi-pembantaian-anak-usia-15-tahun-pada-bulan-puasa-tanggal-23-mei-2019-oleh-pasukan-brimob/

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/xkE29pDK-cek-fakta-video-petugas-berseragam-aniaya-anak-hingga-tewas-ini-faktanya