[SALAH] Elon Musk Menghapus Akun Twitter Greta Thunberg pada 9 Maret 2023

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten menyesatkan. Pada artikel berita yang terlampir di cuitan tersebut, tertulis bahwa berita tersebut merupakan satire, serta akun Twitter Greta Thunberg masih aktif hingga saat ini.

=====

KATEGORI: KONTEN MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/8tmRK

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Ini adalah salah satu hal terbaik dan luar biasa yang pernah Elon Musk lakukan. Baru masuk: Elon Musk melarang Greta Thunberg dari Twitter”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @HoaNguy01811981 (Hoa Nguyen) menulis cuitan yang melampirkan artikel berita dari http://americawebstories.com yang menyatakan bahwa Elon Musk menonaktifkan akun Twitter Greta Thunberg pada 9 Maret lalu. Pengguna Twitter tersebut juga menambahkan opini bahwa hal tersebut merupakan salah satu hal terbaik yang pernah Elon Musk lakukan.

Cuitan yang ditulis pada 9 Maret lalu tersebut telah disukai oleh hampir 7,000 orang, dibagikan dan dikutip ulang sebanyak hampir 1,500 kali, serta telah dilihat lebih dari 148,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, berita tersebut merupakan konten parodi atau satir. Apabila artikel http://americawebstories.com tersebut dibaca secara lengkap, terdapat keterangan yang menjelaskan bahwa berita Elon Musk yang melarang Greta Thunberg di Twitter merupakan parodi. Terdapat kalimat berikut pada bagian bawah artikel:

“Disclaimer: This is satire, not real news”.

Terlebih lagi, akun Twitter Greta Thunberg masih aktif pada rentang waktu 9 sampai 10 Maret 2023. Greta bahkan menulis cuitan pada 9 Maret untuk merayakan minggu ke 238 dari gerakan “Climate Strike”.

Selain itu, berita serupa juga pernah dibahas Reuters dengan judul “Fact Check-Claim that Elon Musk banned Greta Thunberg from Twitter stems from satire” dan dikategorikan sebagai konten satir atau parodi.

Dengan demikian, berita dan cuitan yang disebarluaskan oleh @HoaNguy01811981 merupakan konten menyesatkan.

=====

Referensi:
https://americawebstories.com/just-in-elon-musk-bans-greta-thunberg-from-twitter/


http://twitter.com/GretaThunberg/status/1634122969445285891


https://www.reuters.com/article/factcheck-elon-musk-greta-thunberg-twitt-idUSL1N35M2NU