[SALAH] Putri Candrawati Mengakhiri Hidup di Penjara

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Informasi judul dan thumbnail video tersebut adalah salah, karena faktanya dalam video tersebut tidak berisi informasi yang sesuai dengan thumbnail yang dihadirkan, yang mengatakan bahwa Putri Candrawati berada di dalam sebuah peti mati.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1678619516.732784/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “INALILLAHI, Putri Candrawati Mengakhiri Hidupnya Sendiri di Penjara. Inilah Wasiat Terakhirnya”

===========

[PENJELASAN]: Muncul sebuah unggahan video di Youtube dari akun bernama “Berita Seleb”, yang pada 12 Maret 2023 lalu mengunggah video yang menggiring opini publik seolah Putri Candrawati telah meninggal.

Unggahan video tersebut menarasikan sebuah kalimat pada judul videonya seolah Putri Candrawati telah dikabarkan mengakhiri hidupnya di penjara, disertai cuplikan dari beberapa foto duka yang seakan membenarkan bahwa yang ada dalam peti mati adalah benar Putri Candrawati.

Ternyata dalam video berdurasi 3:23 menit tersebut hanya membacakan ulang sebuah artikel yang diunggah di liputan6.com berjudul, “Ferdy Sambo Divonis Mati, Kompolnas: Jadi Efek Jera”. Hingga akhir isi video, tidak ada pemberitaan yang memberitahu dan membenarkan thumbnail video bahwa Putri Candrawati memang benar telah meninggal.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa informasi yang diberikan oleh unggahan tersebut merupakan informasi yang salah, karena yang diberitakan dalam narasi video sangat berbeda jauh dengan thumbnail video tersebut.

===========

 [REFERENSI] :https://www.liputan6.com/news/read/5206027/ferdy-sambo-divonis-mati-kompolnas-jadi-efek-jera