[SALAH] Ahok Dalang Kebakaran Plumpang

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi yang salah. Dalam video yang beredar tidak ada penjelasan mengenai penangkapan Ahok terkait dengan peristiwa kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1678373150.508721/output.pdf (Youtube)

=====

[NARASI]: “SETELAH BERHARI-HARI PENYIDIK TEMUKAN DALANG KEBARAN PELUMPANG”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Pejuang Muda membagikan video dengan klaim bahwa Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok adalah dalang di balik insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Dalam judul video disebutkan bahwa hal tersebut terungkap setelah penyelidikan selama berhari-hari. Selain itu, pada thumbnail video terlihat gambar Ahok yang ditangkap oleh pihak kepolisian.

Dalam gambar thumbnail video tersebut terlihat jelas bahwa gambar merupakan hasil manipulasi. Selain itu, pada video tidak ada penjelasan mengenai penangkapan Ahok terkait insiden kebakaran yang terjadi pada 3 Maret 2023 yang lalu.

Narasi dalam video justru identik dengan artikel yang diunggah oleh Warta Ekonomi pada 7 Maret 2023, dengan judul “Usai Insiden Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Pernyataan Ahok yang Sebut Anies Baswedan Kampanye Tanpa Data Kembali Mencuat”.

Dalam artikel tersebut membahas mengenai polemik pemberian izin mendirikan bangunan di kawasan Tanah Merah, kawasan sekitar Depo Pertamina Plumpang, pada masa kepemimpinan Ahok dan Anies Baswedan.

=====

[REFERENSI]:

– https://wartaekonomi.co.id/read485021/usai-insiden-kebakaran-depo-pertamina-plumpang-pernyataan-ahok-yang-sebut-anies-baswedan-kampanye-tanpa-data-kembali-mencuat?page=all