[SALAH] PJ Heru Hampir Tak Tertolong Karena Dikeroyok Massa di Depan Balaikota

Informasi yang menyesatkan dan gambar yang digunakan pada thumnail merupakan hasil editan. Isi video itu sendiri merupakan cuplikan dari beberapa pemberitaan terkait kericuhan sesama driver ojek online.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: YOUTUBE (https://archive.fo/1CjFn)

======

[NARASI]:

“HAMPIR TAK TERSELAMATKAN PARA OJOL NEKAT AMUK HERU BUDI DI DEPAN BALAIKOTA”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah kanal Youtube bernama 212 TV mengunggah video berjudul “HAMPIR TAK TERSELAMATKAN !! PARA OJOL NEKAT AMUK PJ GUBENUR DI DEPAN BALAI KOTA”. Pada thumbnail video tersebut, terdapat foto Gubernur DKI di tengah kerumunan massa berjaket ojek online dengan kondisi bagian dahi mengeluarkan darah.

Berdasarkan penelusuran, foto thumbnail pada postingan tersebut merupakan hasil editan dari 2 foto yang berbeda. Foto berntrokan antar driver ojol ditemukan pada artikel CNNIndonesia berjudul “Tiga Korban Bentrok Ojol Vs DC Dioperasi di RSPAU Yogyakarta”.

Sementara itu, isi video berdurasi 8 menit tersebut merupakan gabungan dari cuplikan dari berbagai liputan berita televisi seperti tayangan CNNIndonesia berjudul “Ricuh, Pengemudi Gojek Dipukul Pengemudi Lain”, dan laporan Patra Indonesia Channel berjudul “Driver Ojol Dari Segala Penjuru Jabodetabek Serbu DPRD DKI Jakarta Tolak ERP”.

Dari keseluruhan isi video, tidak ada narasi atau gambar yang menyatakan bahwa Pejabat gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono diamuk massa.

======

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/3400221/hoaks-pj-gubernur-dki-heru-budi-diamuk-massa-hingga-terluka

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200306114709-12-481051/tiga-korban-bentrok-ojol-vs-dc-dioperasi-di-rspau-yogyakarta

https://www.suara.com/news/2023/02/08/151628/demo-tolak-erp-memanas-massa-ojol-jebol-pagar-balai-kota-jakarta?page=all