[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel DEMOCRAZY News “Petingi Ansor minta Ke menteri yakut sholat Jumat pindah di hari Sabtu”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul artikel. Faktanya, judul yang asli adalah “VIRAL Warga Bubarkan Pengajian Ustadz Hanan Attaki di Pamekasan, Petinggi Ansor Jatim Buka Suara”.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1678120032.957856/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Petingi Ansor minta Ke menteri yakut sholat Jumat pindah di hari Sabtu”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Rahman Saputra pada 5 Maret 2023 pukul 21.23 memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel DEMOCRAZY News dengan judul “Petingi Ansor minta Ke menteri yakut sholat Jumat pindah di hari Sabtu”.

Setelah ditelusuri pada website DEMOCRAZY News tidak ditemukan judul artikel tersebut. Lebih lanjut penelusuran menggunakan keterangan waktu diunggahnya artikel yaitu 18 Februari 2023 sehingga ditemukan artikel yang asli berjudul “VIRAL Warga Bubarkan Pengajian Ustadz Hanan Attaki di Pamekasan, Petinggi Ansor Jatim Buka Suara”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli pada gambar yang digunakan artikel. Jika dilihat perbedaan terlihat pada judul artikel.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel DEMOCRAZY News telah disunting pada bagian judul artikel. Judul yang asli adalah “VIRAL Warga Bubarkan Pengajian Ustadz Hanan Attaki di Pamekasan, Petinggi Ansor Jatim Buka Suara”, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.democrazy.id/2023/02/viral-warga-bubarkan-pengajian-ustadz.html