[SALAH] ANIES AKUI SUAP FIRLI BAHURI AGAR NAMANYA BERSIH

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya isi video tersebut tidak sesuai, dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Anies mengakui dirinya menyuap Firli Bahuri dan thumbnail pada video tersebut merupakan gambar hasil editan.

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1677075010.836851/singlefile.html (Facebook)

====

[NARASI]:
AKU1 SEMUANYA, AN1ES AKUI SU4P FIRLI BAHURI AG4R NAMANYA BERSIH

DICECAR PENYIDIK KPK
ANIES AKUI KETERLIBATAN FIRLI BAHURI DI KORUPSI BANSOS DKI(Dalam thumbnail)

====

[PENJELASAN]:
Halaman facebook bernama Doa Ibu pada 20 Februari 2023 membagikan video dengan narasi yang menyatakan bahwa Anies Baswedan mengakui dirinya menyuap ketua KPK Firli Bahuri agar namanya bersih.

Melansir kompas.com, isi video tersebut menampilkan cuplikan yang sama sekali tidak terkait dengan narasi soal pengakuan Anies menyuap Firli. Salah satu cuplikan video yang menampilkan mantan penyidik KPK Novel Baswedan tersebut identik dengan video unggahan channel youtube Novel Baswedan dengan judul “Formula E Timbulkan Gesekan di KPK, Hingga Teror Ular Cobra ! @Bambang_Widjojanto” pada tanggal 28 Januari 2023.

Cuplikan berikutnya yang menampilkan Nurul Ghufron identik dengan video yang diunggah oleh akun youtube resmi Kompas.com dengan judul “Pimpinan KPK Akui Terjadi Dinamika soal Penyelidikan Formula E” yang diunggah pada 17 Februari 2023.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari medcom.id berjudul “Pemanggilan Pimpinan KPK oleh Dewas Bukan Cuma Gegara Formula E” yang diunggah pada 19 Februari 2023.

Thumbnail yang menampilkan Anies mengenakan rompi oren dan nampak Firli mengenakan rompi merah dengan tangan diborgol juga dapat dipastikan bukan gambar asli. Gambar wajah Anies dan Firli pada thumbnail video tersebut merupakan gambar yang telah diedit.

Berdsarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Anies akui dirinya menyuap Firli tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/02/22/205500682/-hoaks-anies-baswedan-akui-suap-ketua-kpk-firli-bahuri?page=all#page2

https://www.medcom.id/nasional/hukum/akWX0laK-pemanggilan-pimpinan-kpk-oleh-dewas-bukan-cuma-gegara-formula-e