[SALAH] “Ahok Ditunjuk Jadi Ketua KPK, Tikus – Tikus Berdasi Gemetaran”

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya tidak ada pemberitaan kredibel yang mengabarkan bahwa Ahok telah ditunjuk sebagai ketua KPK. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/haqME

= = =

Narasi:

“VIRAL ~ ahok di tunjuk jadi ketua kpk, tikus tikus berdasi gemetaran”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di Facebook dengan caption yang mengklaim bahwa Ahok ditunjuk menjadi ketua KPK, dalam postingan tersebut juga mengunggah video dengan teks pernyataan dalam video yang sama.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada pemberitaan yang valid terkait klaim tersebut. Dilansir dari Tempo.co, video tersebut hanya menampilkan potongan-potongan video yang berbeda yang tidak ada kaitannya dengan penunjukan Ahok menjadi ketua KPK. Kabar hoaks terkait jadinya Ahok menjadi ketua KPK ini sudah sering beredar di masyarakat.

Video pertama identik dengan berita yang diunggah Kompas TV di YouTube pada 7 November 2019 terkait pengangkatan Dewan Pengawas KPK. Video kedua  identik dengan berita yang diunggah BeritaSatu di YouTube, tanggal 24 Juli 2014 terkait penggeledahan KPK di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor, Cengkareng, Jakarta Barat. Dan video ketiga identik dengan berita yang diunggah CNN Indonesia di YouTube pada 22 April 2016, terkait lambannya respons aparat DKI Jakarta dalam menangani banjir Jakarta.

Dengan demikian, Ahok ditunjuk menjadi ketua KPK adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2167/keliru-video-dengan-klaim-ahok-ditunjuk-jadi-ketua-kpk

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/02/25/183000782/-hoaks-ahok-resmi-jadi-ketua-kpk-pada-24-februari-2023?page=all#page2

===