[SALAH] Nono Meninggal Dunia

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya adalah Nono yang dimaksud bukanlah Nono juara dunia matematika, tetapi adalah budayawan nusantara bernama Nano Riantiarno yang meninggal pada 23 Januari 2023 lalu.

===========

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

==========

[SUMBER]: Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1677166083.617768/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “Baru Saja Namanya Melambung, Nono Meninggal Dunia”

===========

[PENJELASAN]: Muncul unggahan yang diupload pada 11 Februari di kanal Youtube bernama Ruang Informasi yang membawa sebuah klaim bahwa Nono telah meninggal dunia. Video tersebut sudah ditonton sebanyak 18 ribu penonton dan mendapatkan 174 likes hingga pada saat artikel ini dibuat.

Dengan judul video yang mengandung kalimat “Baru saja namanya melambung” tentunya pengunggah video bermaksud menggiring opini publik bahwa Nono yang dimaksud adalah bocah yang baru-baru ini menjuarai juara dunia matematika, ditambah lagi pada gambar thumbnailnya dengan jelas pengunggah menampilkan foto Nono untuk memperkuat klaim pada judul videonya.

Video berdurasi 3 menit tersebut diawali dengan membahas rekam jejak Nono setelah bocah asal NTT tersebut menjuarai lomba matematika tingkat dunia, International Abacus World Competition 2022 yang digelar beberapa waktu lalu. Kemudian pembahasan tiba-tiba berpindah ke berita meninggalnya budayawan bernama Nono Riantiarno.

Rupanya orang yang dimaksud adalah Nano Riantiarno yang pada 23 Januari 2023 lalu meninggal dunia akibat tumor, dengan begitu maka dapat disimpulkan bahwa unggahan tersebut mengandung informasi yang salah.

===========

 [REFERENSI] :

https://metro.tempo.co/read/1681901/pendiri-teater-koma-nano-riantiarno-meninggal-pernah-operasi-pengangkatan-tumor