[SALAH] Tentara Bayaran Australia Ditangkap TNI

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa tentara bayaran yang digunakan Australia untuk melawan Indonesia telah ditangkap oleh TNI adalah konten yang menyesatkan. Faktanya, tentara tersebut merupakan warga Inggris yang bergabung dengan militer Ukraina dalam perang melawan Rusia.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1677152680.114634/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: โ€œMEMALUKAN!!TERTANGKAP DI ZONA PERANG, TENTARA BAYARAN AUS DARI INGGRIS MERENGEK MINTA PULANG KE TNIโ€

=======

[PENJELASAN]:

Pada 11 Februari 2023, channel YouTube DUNIA BERITA (https://www.youtube.com/@duniaberita2029) mengunggah video dengan klaim bahwa seorang tentara bayaran Australia dari Inggris bernama Shaun Pinner ditangkap militer Indonesia setelah bertempur bersama pasukan Australia. Dalam narasi disebutkan bahwa Pinner yang akan dieksekusi oleh militer Indonesia sempat meminta untuk segera dipulangkan.

Setelah dilakukan penelusuran dari beberapa artikel referensi, diketahui bahwa Shaun Pinner merupakan seorang warga Inggris yang berjuang untuk Angkatan Darat Ukraina dan telah ditangkap oleh pasukan pemberontak pro-Rusia, Republik Rakyat Donetsk (DPR). Pinner ditangkap selama pengepungan Mariupol dan dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan tinggi di DPR.

Selain Pinner, terdapat pula dua orang lainnya yang juga ditangkap dan dijatuhi hukuman mati, yakni Aiden Aslin yang berasal dari Inggris dan Brahim Saaudun yang berasal dari Maroko. Ketiganya dinyatakan bersalah atas kejahatan perang dan melanggar tiga pasal dalam Undang-Undang Kriminal DPR, yakni aktivitas tentara bayaran (mercenarism) dan perampasan atau penahanan kekuasaan secara paksa.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh channel YouTube DUNIA BERITA merupakan konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.bbc.com/news/uk-61745556
https://www.viva.co.id/militer/militer-dunia/1479649-tertangkap-2-tentara-bayaran-inggris-terancam-hukuman-mati-rusia
https://aceh.tribunnews.com/2022/06/30/shaun-pinner-tentara-bayaran-inggris-minta-hukuman-matinya-dikuranggi-jadi-penjara-seumur-hidup?page=all