[SALAH] NYAWA TERANCAM !! PASUKAN ELIT TNI MULAI BERGERAK BIIKIN XII JINPING JADI BEGINI

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan hasil editan video latihan perang TNI dan US Army, pidato Xi Jinping saat peringatan 100 tahun Partai Komunis China, dan tanggapan Presiden Jokowi menanggapi larangan ekspor biji nikel.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1676209160.648482/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
NYAWA TERANCAM !! PASUKAN ELIT TNI MULAI BERGERAK BIIKIN XII JINPING JADI BEGINI

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube GLOBAL NEWS mengunggah video dengan judul: “NYAWA TERANCAM !! PASUKAN ELIT TNI MULAI BERGERAK BIIKIN XII JINPING JADI BEGINI” pada tanggal 8 Februari 2023. Dalam video disebutkan bahwa Xi Jinping jadi target pasukan elit TNI, pertarungan sengit berlangsung di pusat kota antara pasukan TNI dan China.

Penelusuran menunjukkan bahwa video yang ditampilkan merupakan hasil editan kumpulan beberapa video yang tidak ada kaitannya dengan perang antara pasukan TNI dan China. Video pertama yang ditampilkan adalah video pidato Presiden Xi Jinping saat peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis China di Beijing pada tanggal 1 Juli 2021. Video diunggah secara langsung oleh akun Youtube South China Morning Post dengan judul “WATCH LIVE: Chinese President Xi speaks at Communist Party centenary”.

Video kedua yang ditampilkan adalah video yang identik dengan video latihan perang gabungan TNI dan US Army di Baturaja, Sumatera Selatan. Video tersebut diunggah oleh akun resmi TNI AD dengan judul: “Garuda Shield 2021 : Seri Baturaja ‘Field Training Exercise (FTX)'” pada tanggal 16 Oktober 2021.

Video ketiga yang ditampilkan adalah video Presiden Jokowi saat menanggapi kebijakan larangan ekspor bijih nikel, atas gugatan yang diajukan Uni Eropa ke organisasi perdagangan dunia. Video tersebut diunggah oleh akun Youtube CNN Indonesia pada tanggal 5 Desember 2022.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=zwJd3UvK3hw
https://www.youtube.com/watch?v=BohBTnEK924
https://www.youtube.com/watch?v=ucCTtOlHGe0