[SALAH] Gempa Bumi Mengguncang Banten Ratusan Orang Tewas

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Video dengan klaim terjadinya gempa di Banten hinga mengakibatkan ratusan orang tewas pada bulan Februari 2023 merupakan konten dengan kategori koneksi yang salah dikarenakan judul dan keterangan tidak sesuai dengan isi konten yang disampaikan.

=========
[KATEGORI]
Koneksi yang Salah

========
[NARASI]
“Mengenaskan Gempa Dahsyat Guncang Banten Hingga Begini Ratusan Orang Tewas”

Sumber: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1676355682.683553/singlefile.html

==========
[PENJELASAN]

Pada 7 Februari 2023 sebuah channel youtube dengan nama CCTV Bencana (https://www.youtube.com/@Cctvbencana12) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa gempa bumi yang mengguncang Banten pada 7 Februari 2023 pukul 07.35 WIB dengan kekuatan magnitude 5.2 mengakibatkan kerusakan dahsyat dan menewaskan ratusan jiwa.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, video-video yang ditampilkan di dalam video berdurasi kurang lebih 8 menit tersebut bukanlah video asli dari kejadian gempa bumi di Banten melainkan potongan video dari bencana gempa bumi yang terjadi di kawasan lain. Contohnya saja seperti potongan video singkat (youtube shorts) yang diunggah oleh akun @colorcanvas58 (https://www.youtube.com/@colorcanvas58) pada 18 September 2022 yang sebetulnya berisikan footage bencana gempa bumi yang melanda Taiwan pada tahun 2022 lalu.

Selain itu, dikutip dari Kompas.com dalam wawancaranya bersama Nana Suryana selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten, faktanya gempa bumi yang melanda Banten tidaklah menimbulkan kerusakan parah hingga menelan ratusan korban jiwa. Bahkan belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang berpusat di Lebak, Banten tersebut.

Tak hanya itu, narasi yang disampaikan oleh pengunggah video pun juga tidak menunjukkan korelasi dengan klaim yang disampaikan pada judul video. Pengunggah justru lebih menyampaikan terkait kronologi dari peristiwa gempa bumi yang melanda Banten pada Seasa, 7 Februari 2023 tersebut.

==========
[REFERENSI]
[1] https://youtube.com/shorts/jYnAr0uVkkI?feature=share
[2] https://regional.kompas.com/read/2023/02/07/144912978/gempa-m-52-guncang-banten-belum-ada-laporan-kerusakan