[SALAH] Foto Kemasan Baru Oreo x EXO

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Foto tersebut hasil editan. Tidak ditemukan informasi resmi dari Oreo mengenai klaim kolaborasi ini. Pemilik foto asli telah mengklarifikasi bahwa foto kemasan itu hanya editan.

==========
[KATEGORI]

Konten yang dimanipulasi

=========
[SUMBER]

https://archive.cob.web.id/archive/1676312258.231038/singlefile.html (TikTok)

========
[NARASI]

“Setelah NCT dan TREASURE muncul versi EXO :sob: “

===========
[PENJELASAN]

Sebuah akun TikTok mengunggah video yang menampilkan foto kemasan terbaru Oreo yang diklaim berkolaborasi dengan boyband korea EXO. Video Tiktok tersebut telah mendapat 6000 komentar pengguna TikTok. Banyak yang terkecoh bahwa kolaborasi antara Oreo dan EXO benar. Faktanya, foto tersebut hanya editan seorang kreator.

Kreator tersebut mengunggah video dalam akun TikTok @renikkeo pada 5 Februari 2023. Ia menjelaskan bahwa kegiatan desain adalah pekerjaannya, dan informasi mengenai kolaborasi Oreo dan EXO tidak benar. Ia mengimbau agar netizen tidak menyebarkan informasi palsu bahwa produk tersedia dijual.

Dilihat dari akun instagram @Oreo_indonesia, tidak ada produknya yang berkolaborasi dengan EXO. Unggahan terbaru di instagram Oreo masih tentang kolaborasi dengan Blackpink.

Dengan demikian, foto kemasan produk Oreo x EXO adalah tidak benar. Unggahan tersebut masuk kedalam kategori konten yang dimanipulasi.

===========
[REFERENSI]

https://vt.tiktok.com/ZS85GoXKM/

https://jabarekspres.com/berita/2023/02/07/oreo-exo-nct-treasure-viral-benarkah-produknya-tersedia/

https://instagram.com/oreo_indonesia?igshid=YmMyMTA2M2Y=

https://www.antaranews.com/berita/3339123/oreo-x-blackpink-jadi-edisi-eksklusif-yang-khusus-untuk-kawasan-asia