[SALAH] NATO Kirim Senjata ke Australia

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa NATO siap memasok senjata berat ke Australia untuk membantu mereka mempertahankan diri dari serangan Indonesia adalah konten yang menyesatkan. Faktanya, unggahan tersebut hanya berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1676371005.174097/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: โ€œTAK TERIMA AUSTRALIA DI BANTAI INDONESIA, NEGARA INI TURUN GUNUNGโ€ฆ!?โ€

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube JENDERAL (https://www.youtube.com/@jenderal538) pada 22 Januari 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO siap memasok senjata berat ke Australia untuk membantu mereka mempertahankan diri dari serangan Indonesia. Beberapa negara seperti Perancis, Jerman, dan Amerika Serikat diketahui telah berjanji akan mengirim senjata ke Australia. Selain itu, diketahui pula bahwa Inggris telah menjadi negara Barat pertama yang mengirim tank berat ke Australia.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya unggahan tersebut hanya berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan, sehingga terdapat ketidaksesuaian antara narasi dan video yang diunggah.

Dalam video dengan narasi bahwa Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mengatakan jika NATO siap memasok senjata berat ke Australia merupakan video yang diambil dari channel YouTube NATO News (https://www.youtube.com/@NATONews) yang diunggah pada 13 Oktober 2022. Pada unggahan asli tersebut, Jens Stoltenberg membahas mengenai dukungan NATO kepada Ukraina. Ia menyatakan bahwa NATO memang bukan pihak dalam konflik Rusia dan Ukraina, namun mereka akan terus mendukung Ukraina selama hal itu diperlukan.

Unggahan asli milik NATO News

Selain itu, dalam potongan video yang menampilkan wajah Menteri Pertahanan Federal Jerman, Boris Pistorius dengan narasi bahwa negara-negara Barat enggan terlalu ikut campur dalam konflik Indonesia-Australia merupakan video yang diambil dari laman website Bundesministerium der Verteidigung (https://www.bmvg.de/de) yang telah diunggah pada 19 Januari 2023. Dalam video asli tersebut, terlihat bahwa Boris Pistorius sedang menyambut tamu internasional pertamanya pasca dilantik sebagai Menteri Pertahanan Jerman, yakni Lloyd Austin selaku Menteri Pertahanan Amerika Serikat. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas mengenai dukungan lebih lanjut untuk Ukraina dalam perjuangan defensif melawan Rusia.

Unggahan asli milik website Bundesministerium der Verteidigung

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh channel YouTube JENDERAL merupakan konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=D59VdvNdPwo
https://www.bmvg.de/de/aktuelles/verteidigungsminister-pistorius-trifft-us-amtskollegen-austin-5570790
https://www.youtube.com/watch?v=ScHJDiGPaRc&t=23s