[SALAH] Musisi Virgoun Telah Berpulang

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Informasi judul dan thumbnail video tersebut adalah salah, karena faktanya dalam video tersebut yang tidak ada pembahasan bahwa Virgoun sudah tiada.

===========

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1676116880.144765/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “Innalillahi, Musisi Virgoun Telah Berpulang, Para Sahabat dan Artis Tak Menyangka Secepat Ini”

===========

[PENJELASAN]: Muncul sebuah unggahan video di Youtube dari akun bernama “Seleb Viral”, yang pada 8 Februari 2023 lalu mengunggah video yang menggiring opini publik seolah Virgoun telah meninggal.

“Musisi Virgoun telah berpulang, para sahabat dan artis tak menyangka secepat ini”, adalah klaim narasi yang tertera pada thumbnail video tersebut. Namun nyatanya isi videonya sangat tidak ada pembuktian sesuai yang dikatakan pada judul. Isi konten video tersebut hanya membahas mengenai kesalahpahaman warganet terkait judul lagu Virgoun yang berjudul Selamat Tinggal.

Banyak dari warganet yang mengira tulisan “Selamat Tinggal – Virgoun” merupakan sebuah kalimat yang bermaksud untuk mengabarkan bahwa Virgoun telah tiada, tapi yang sebenarnya terjadi adalah “Selamat Tinggal” yang dimaksud tersebut merupakan judul lagu.

Berangkat dari kejadian tersebut, pemilik akun Seleb Viral ini pun kemudian memanfaatkan situasi tersebut untuk menyebarkan sebuah kabar palsu bahwa Virgoun telah berpulang dengan dipertebal oleh kalimat, “sahabat dan artis tak menyangka secepat ini”.

Sehingga dapat disimpulkan jika informasi yang disampaikan judul video tersebut adalah informasi yang salah.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=nnZpgbJQVXw