[SALAH] TIDAK DISOROT MEDIA , DUA ARMADA TEMPUR INDONESIA BERAKHIR TRAGIS DI NATUNA UTARA

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang menyesatkan. Konten merupakan editan dari video operasi penerbangan di atas kapal USS Jasin Dunham di Laut Atlantis, video liputan KOMPASTV saat manuver kapal Coast Guard China dan pidato Prabowo dalam acara Silaturahmi Nasional PPAD yang dijadikan satu video menggunakan narasi yang menyesatkan.

= = = = =

Kategori : Konten yang Menyesatkan

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1676039082.163109/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
TIDAK DISOROT MEDIA , DUA ARMADA TEMPUR INDONESIA BERAKHIR TRAGIS DI NATUNA UTARA

= = = = =

Penjelasan :
Akun Youtube KABAR HARIAN mengunggah video dengan judul: “TIDAK DISOROT MEDIA , DUA ARMADA TEMPUR INDONESIA BERAKHIR TRAGIS DI NATUNA UTARA” pada tanggal 23 Januari 2023. Dalam video disebutkan bahwa kapal patroli RI dikejar kapal patroli dan helikopter China karena menangkap nelayan China di wilayah perairan RI.

Penelusuran menunjukkan bahwa video yang ditampilkan merupakan hasil editan kumpulan beberapa video yang tidak ada kaitannya dengan klaim bahwa armada Indonesia yang berakhir tragis di Natuna Utara. Video pertama yang ditampilkan adalah video yang diunggah oleh akun Youtube CNE-CNA/C6F dengan judul: “Flight Deck Operations aboard USS Jason Dunham (DDG 109)” yang diunggah pada tanggal 5 Mei 2015.

Video kedua yang ditampilkan adalah manuver yang dilakukan oleh kapal Coast Guard China saat KRI Usman Harun-359 melakukan patroli untuk mendekati kapal nelayan pukat China yang menangkap ikan di ZEE Indonesia yaitu di Natuna Utara yang diunggah akun Youtube KOMPASTV pada tanggal 12 Januari 2020.

Video ketiga yang ditampilkan adalah video pidato Prabowo dalam acara Silaturahmi Nasional PPAD (Persatuan Purnawirawan TNI-AD) 2022 pada tanggal 5 Agustus 2022 yang diunggah oleh KOMPASTV dengan judul “Tegas! Prabowo Sebut Keputusan Dirinya Bergabung Kabinet Jokowi Tidak Salah”.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=jVtNvI5uauE
https://www.youtube.com/watch?v=byeZYL1ZweU
https://www.youtube.com/watch?v=c0WBT_X38o0