[SALAH] Video “TIM INASAR ( INDONESIA) sudah ada di Turki membantu pencarian para korban akibat gempa bumi”

BUKAN Tim INASAR Indonesia. Tim SAR di video itu adalah angkatan kedua Tim SAR Jepang, Japan Disaster Relief Team yang berangkat ke Turki pada 7 Februari 2023.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Twitter Yessy Young99 (twitter.com/yessy_young) pada 8 Februari 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“TIM INASAR ( INDONESIA) sudah ada di Turki membantu pencarian para korban akibat gempa bumi.”

Sumber: archive.ph/eF17E (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai video Tim INASAR yang tiba di Turki merupakan klaim dengan konteks yang salah.

Faktanya, tim di video itu bukan Tim INASAR Indonesia. Tim SAR di video itu adalah angkatan kedua Tim SAR Jepang, Japan Disaster Relief Team yang berangkat ke Turki pada 7 Februari 2023.

Video yang sama tanpa narasi di video diunggah oleh akun Twitter Japan International Cooperation Agency (JICA) Media (twitter.com/jica_direct_en) pada 7 Februari 2023 dengan narasi:

“It’s freezing cold in the areas affected by the earthquake in Turkey, and the affected people are in need of rescue & support. 2nd batch (55 members & 4 search dogs) of Japan Disaster Relief Team departed for Turkey, with firm determination to make best to rescue the victims.”

Atau yang jika diterjemahkan: “Dingin membeku di daerah yang terkena dampak gempa bumi di Turki, dan orang-orang yang terkena dampak membutuhkan penyelamatan &dukungan. Batch ke-2 (55 anggota & 4 anjing pencari) dari Tim Bantuan Bencana Jepang berangkat ke Turki, dengan tekad yang kuat untuk melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan para korban.”

Sementara itu, Indonesia melalui Basarnas telah mengirim Tim INASAR yang telah terbang dari Bandar Udara Halim Perdana Kusuma ke Turki pada Rabu, (8/2/2023) petang dengan pesawat Boeing 737 dan pesawat Hercules untuk logistik.

REFERENSI
https://twitter.com/jica_direct_en/status/1622954935016112128
https://www.victorynews.id/dunia/pr-3317434562/bantuan-tim-inasar-dan-logistik-ri-untuk-gempa-turki-sudah-tiba-di-istanbul

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo