[SALAH] AHLI JANTUNG INDONESIA BERBAGI CARA SEDERHANA UNTUK MENORMALKAN TEKANAN DARAH

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya klaim bahwa ahli jantung Indonesia menemukan cara sederhana menormalkan tekanan darah adalah keliru. Foto pria dalam gambar tersebut adalah Leo Bokeria ahli jantung asal Rusia. Sedangkan tautan pada klaim tersebut berisi promosi sebuah obat

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1675673937.010775/singlefile.html (Facebook)

====

[NARASI]: Tekanan darah tinggi akan hilang jika menggunakan bahan alami ini…

BAGI MEREKA YANG MEMILIKI TEKANAN DARAH TINGGI, SEGERA BACA INI. CARA SEDERHANA UNTUK MENORMALKAN TEKANAN DARAH ANDA DI RUMAH. (Dalam gambar)

====

[PENJELASAN]:
Akun facebook bernama Ksenia Konstantinova membagikan gambar disertai dengan lampiran tautan hasil wawancara dengan dokter bernama dr. Mariadi Sirait dengan narasi yang menyatakan bahwa terdapat cara sederhana untuk menormalkan tekanan darah tinggi dengan membaca tulisan yang terdapat dalam tautan terlampir.

Melansir tempo.co, foto pria yang terpampang dalam gambar tersebut bukanlah dr. Mariadi Sirait, melainkan foto seorang ahli bedah jantung asal Rusia bernama Leo Bokeria.

Foto tersebut telah diunggah oleh akun instagram pribadi @bokerialeo pada 23 Desember 2020. Leo Bokeria sendiri adalah Direktur Pusat Penelitian Medis Nasional Bedah Kardiovaskular Bakulev dari Kementerian Kesehatan Federasi Rusia. Ia dikenal sebagai ahli bedah jantung ternama.

Setelah dilakukan penelusuran, tautan artikel yang dilampirkan pada postingan tersebut hanya berisi tentang promosi sebuah obat dengan merk dagang Cardionormin yang disisipi dengan logo kompas.com.

Berdasarkan penjelasan diatas, klaim bahwa seorang ahli jantung Indonesia berbagi cara sederhana untuk menormalkan tekanan darah tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

[Referensi]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2148/keliru-unggahan-berisi-klaim-ahli-jantung-temukan-cara-menormalkan-tekanan-darah

https://www.instagram.com/p/CJHZRKznW2r/