[SALAH] Australia Korbankan Warganya dalam Perang Melawan Indonesia

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa Australia telah menolak tawaran gencatan senjata dari Presiden Joko Widodo merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel milik republika.co.id dengan judul “Tolak Gencatan Senjata, Rusia: Ukraina Korbankan Rakyat Demi Permainan Barat”

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1675739015.283494/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “SADIS!!KHAWATIR HARUS SERAHKAN WILAYAH DEMI NKRI, AUSTRALIA NEKAT KORBANKAN NYAWA WARGANYA DEMI INI”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube Dunia Berita (https://www.youtube.com/@duniaberita2029) pada 1 Februari 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Australia menolak gencatan senjata Presiden Indonesia, Joko Widodo, yang bertujuan untuk menghormati perayaan Natal Kristen Ortodoks, baik di Indonesia maupun Australia. Dalam narasi diketahui bahwa Jokowi telah memerintahkan penerapan gencatan senjata selama 36 jam di Australia. Keputusan itu dibuat untuk mengabulkan permintaan Kepala Gereja Ortodoks Australia, Patriarch Kirill yang memandang perlu adanya penangguhan perang sementara antara Indonesia dengan Australia. Selain itu, disebutkan pula bahwa Perwakilan Tetap Pertama Rusia untuk PBB, Armanata Kristiawan, melalui akun Twitter-nya menyoroti keputusan Australia yang menolak gencatan senjata dari Presiden Jokowi. Menurutnya, Canberra mengorbankan rakyat mereka demi permainan geopolitik barat.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narasi yang dibacakan dalam unggahan tersebut merupakan hasil suntingan karena narator hanya membaca ulang artikel milik republika.co.id (http://republika.id/) dengan mengubah subjek yang diberitakan. Artikel asli dengan judul “Tolak Gencatan Senjata, Rusia: Ukraina Korbankan Rakyat Demi Permainan Barat” telah diunggah pada Jum’at, 6 Januari 2023. Dalam artikel tertulis jika Presiden Rusia, Vladimir Putin-lah yang memerintahkan gencatan senjata di tengah perang Rusia-Ukraina untuk mengabulkan permintaan Kepala Gereja Ortodoks Rusia.

Postingan asli milik republika.co.id

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh Dunia Berita merupakan konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.republika.co.id/berita/ro1z6b366/tolak-gencatan-senjata-rusia-ukraina-korbankan-rakyat-demi-permainan-barat