[SALAH] Video “Demo besar-besaran di Australia Mereka bawa kain Merah-Putih Dan Meneriakan nama Jokowi”

Narasi dan kolase video yang diunggah, tidak terkait dengan Presiden Jokowi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Twitter 𝕆𝕣𝕒𝕟𝕘𝕥𝕦𝕒 𝕋𝕖𝕣𝕤𝕖𝕤𝕒𝕥 (twitter.com/BudTeguh) pada 7 Februari 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“INI WAJIB DIKABARKAN ke Kaum Kadrun. Demo besar-besaran di Australia Mereka bawa kain Merah-Putih Dan Meneriakan nama Jokowi. Tidak ada dibelahan dunia ini pendemo seperti ini. Adakah dibelahan Timur tengah teriak Rizieq atau Anies dlm Demonya?? Pruuuut”

Sumber: archive.ph/fJVyO (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai peserta aksi demo besar-besaran di Australia yang membawa kain merah putih dan meneriakkan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan klaim yang menyesatkan.
Faktanya, narasi dan kolase video yang diunggah, tidak terkait dengan Presiden Jokowi.

Dilansir dari artikel berjudul “Keliru, Video Warga Australia Kibarkan Bendera Merah Putih” yang terbit di situs cekfakta.tempo.co pada 31 Desember 2022, video tersebut merupakan gabungan dari berbagai video berbeda.

Video pertama, adalah video massa yang meneriakan yel-yel “You serve us” yang ditujukan kepada petugas polisi yang dikerahkan untuk mengendalikan massa. Massa turun ke jalan-jalan di Melbourne dalam rangkaian unjuk rasa anti-lockdown terbaru. Video identik sebelumnya pernah diunggah oleh akun YouTube AFP News Agency pada 18 September 2021 berjudul “Australia: Protest in Melbourne against lockdowns”.

Video selanjutnya adalah video yang menampilkan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di sebuah forum internasional, video ini merupakan video yang sama pernah diunggah oleh kanal YouTube 10 News First di detik ke-45. Video yang diunggah pada 1 Juli 2022 tersebut berjudul “PM Anthony Albanese In Paris To Meet French President Emmanuel Macron”.

Selanjutnya, video yang menampilkan ribuan massa membentangkan kain berwarna merah putih. Video yang identik pernah diunggah kanal YouTube 9 News Australia pada 27 November 2021 dengan judul “Thousands protest Victoria’s vaccine mandates”. Kerumunan besar memadati CBD Melbourne untuk menentang mandat vaksinasi COVID-19, sehubungan dengan protes lain yang diadakan di seluruh negeri.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2102/keliru-video-warga-australia-kibarkan-bendera-merah-putih
https://www.youtube.com/watch?v=SmrtQeZutCI
https://www.youtube.com/watch?v=a_Pok5-QhwM
https://www.youtube.com/watch?v=pAvB2fBsPPI

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo