[SALAH] “Pabrik Nuklir Turki terbakar #TurkeyEarthquake #turkeyearthquake2023”

BUKAN pembangkit nuklir, TIDAK berkaitan dengan Turki dan gempa baru-baru ini (2023). FAKTA: rekaman yang dibagikan adalah video ledakan gudang di Tianjin, Tiongkok, pada tahun 2015.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: Twitter, https://archive.ph/AsNCk (arsip cadangan).

NARASI: “BREAKING: Pembangkit nuklir Turki terbakar. Ledakan besar telah terjadi. Seluruh dunia dalam bahaya. Bahan radioaktif dihilangkan dari pabrik dengan menular. Pergi. #PrayForTurkey #TurkeyEarthquake #turkeyearthquake2023 @Turkey #TurkeyQuake #FreeNnamdiKanu # BiafraExit”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”. [1]

SUMBER membagikan konten dengan menambahkan narasi atau klaim dengan konteks yang SALAH. FAKTA: BUKAN pembangkit nuklir, TIDAK berkaitan dengan Turki dan gempa baru-baru ini (2023). Rekaman yang dibagikan adalah video ledakan gudang di Tianjin, China, pada tahun 2015.

Verifikasi Video

Salah satu sumber video identik dengan konteks yang BENAR, BBC News pada 14 Agustus 2015: “Footage of two massive explosions in the Chinese city of Tianjin, taken by a stunned eyewitness, captured the fear and terror of those who saw what happened. Dozens of people died and hundreds were injured when a warehouse owned by a company specialising in handling hazardous goods caught fire and exploded. City officials say they still did not know what materials were at the warehouse at the time of the fire, or what caused the blasts. Eyewitness Dan van Duren filmed the moment of the explosions, before he and others fled to avoid the danger.” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “2015 tianjin explosion”. [3]

Hasil pencarian Google, kata kunci: “2023 turkey earthquake”. [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “Tianjin explosion video captures fear of eyewitnesses – BBC News”, https://bit.ly/3XbLjdJ / https://bit.ly/3I1aIT4 (arsip cadangan).

[3] google.com, https://bit.ly/3YwrqPS / https://archive.ph/IxQV9 (arsip cadangan).

[4] google.com, https://bit.ly/3lh11Y1 / https://archive.ph/h5yvy (arsip cadangan).