[SALAH] STRIKER NEWCASTLE ALLAN SAINT-MAXIMIN AKAN DINATURALISASI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya ucapan Allan Saint-Maximin dalam video tersebut disalahartikan oleh akun tersebut dan Allan Saint-Maximin sama sekali tidak memiliki darah keturunan Indonesia.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1674812447.09135/singlefile.html

====

[NARASI]: striker gacor dari Afrika
memiliki darah Indonesia (Dalam video)

striker ini akan di naturalisasi

====

[PENJELASAN]:
Akun tiktok bernama @piala_dunia_official mengunggah video yang menampilkan striker milik Newcastle United, Allan Saint-Maximin yang sedang melakukan wawancara dengan narasi yang mengklaim bahwa Allan Saint-Maximin memiliki darah Indonesia dan akan dinaturalisasi.

Dalam subtitle video tersebut Allan Saint-Maximin mengatakan “Saya memiliki darah keturunan disana, saya pikir tidak ada salahnya bermain bersama temanku Elkan Baggot, saya ingin memperkuat Timnas Indonesia di piala Asia”.

Melansir suara.com, ucapan Allan Saint-Maximin dalam video tersebut disalahartikan oleh akun tersebut dengan subtitle yang menyebut dirinya akan membela Timnas Indonesia.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ucapan Saint-Maximin dalam video tersebut berbunyi “Kami (Newcastle) punya tim hebat, kami punya manajer hebat untuk terus bersaing dan jika kami memenangkan lebih banyak laga, maka kami akan aman. Itu akan memakan waktu, namun (video terpotong)”.

Setelah dilakukan penelusuran, Allan Saint-Maximin sendiri tak punya darah Indonesia sama sekali. Sehingga, mustahil dirinya membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Diketahui, Allan Saint-Maximin merupakan pemain kelahiran Prancis dan memiliki darah Guadeloupe serta Guiana yang merupakan wilayah jajahan Prancis di bagian Amerika. Sehingga klaim bahwa Allan Saint-Maximin akan dinaturalisasi adalah salah dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]:
https://www.suara.com/bola/2023/01/26/135810/timnas-indonesia-akan-naturalisasi-penyerang-newcastle-united-allan-saint-maximin-cek-faktanya?page=all

https://id.wikipedia.org/wiki/Allan_Saint-Maximin